PERAWATAN BEBEK POTONG


Setelah pada posting sebelumnya menulis tentang persiapan ternak bebek potong, maka pada posting kali ini akan menulis tentang perawatan bebek potong. Tulisan ini hanyalah merupakan sebuah masukan, sehingga teman – teman mempunyai referensi didalam menjalankan ternak bebek.
Salah satu kunci kesuksesan didalam bisnis budidaya bebek potong adalah dalam hal pemeliharaan, agar ketika waktu panen mendapat hasil sesuai dengan yang diharapkan. Selain faktor penyakit, yang harus diperhatikan adalah dalam hal pemberian pakan. untuk itu sebaiknya teman – teman memperhatikan hal – hal sebagai berikut : 

Sanitasi dan tindakan pencegahan penyakit (preventif)
Sanitasi kandang mutlak diperlukan dalam pemeliharaan bebek dan tindakan pencegahan penyakit perlu diperhatikan. Sehingga kita waspada sejak dini agar tidak timbul penyakit dikemudian hari. 
Melakukan Kontrol Terhadap Penyakit
Ini dilakukan setiap saat dan dengan hati-hati serta secara menyeluruh, apabila ada cacat dan terlihat tanda-tanda kurang sehat pada bebek maka tangani secara serius. 
Pemberian Pakan
Pemberian pakan pada bebek potong secara ad libitum (terus menerus) dan jika ingin praktis gunakan pakan jadi dari pabrik, tapi pilihlah pakan yang sudah teruji. Apabila ingin menghemat biaya bisa juga dengan membuat sendiri dari bahan – bahan seperti jagung, tepung ikan, bekatul, tepung tulang, lalu pemberian minum didasarkan pada umur bebek yaitu :
a) Umur 0-7 hari, air minum ditambah vitamin dan mineral.
b) Umur 7-28 hari, air minum diberikan secara ad libitum (terus menerus)   
Pemeliharaan Kandang
Perhatikan kandang agar selalu terjaga kebersihannya, karena salah satu sebab munculnya penyakit adalah tata laksana perkandangan yang kurang tepat. 
Sekian artikel singkat tentang perawatan bebek potong yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber, mudah – mudahan tulisan ini dapat memberikan manfaat dan masukan bagi teman – teman yang melakukan usaha budidaya bebek potong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar